Tips Bekerja Paruh Waktu Sambil Kuliah yang Bisa Dicoba

Para mahasiswa memiliki kebebasan dalam menentukan waktu untuk menempuh akademik. Apalagi pemilihan waktu ini juga disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus. Hal ini yang membuat banyak mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan waktu luang yang lebih banyak karena pilihan dari mata kuliah atau kegiatan akademik dalam struktur tertentu. Kondisi seperti ini harus bisa dimanfaatkan para mahasiswa untuk meningkatkan skill di luar kampus. Salah satu metode yang bisa digunakan dengan mencoba bekerja paruh waktu. Tentu metode ini harus diterapkan sesuai dengan kemampuan dalam mengelola waktu luang yang baik. Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa tips bekerja paruh waktu sambil kuliah.

Hal yang harus dipertimbangkan saat memulai bekerja paruh waktu

Ada beberapa hal yang memang harus dipertimbangkan saat kamu memulai bekerja paruh waktu. Apalagi metode dan konsep kerja dari paruh waktu sangat berbeda dibandingkan dengan pekerjaan formal lainnya. Selain itu, lingkungan yang kamu hadapi akan memberikan pengaruh besar terhadap keuntungan yang mungkin didapatkan. Bahkan, pekerjaan paruh waktu tidak memiliki jenjang karir seperti pekerjaan lainnya. Masing-masing dari pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang ini memang akan mempengaruhi dari kinerja. Berbagai hal yang harus dipertimbangkan dengan sangat baik seperti:

  1. Waktu luang

Salah satu pertimbangan yang paling penting tentu saja dengan menghitung waktu luang yang kamu miliki. Apalagi waktu luang itu akan mempengaruhi kamu dalam menentukan pilihan pekerjaan yang sesuai. Biasanya waktu luang yang dimiliki akan disesuaikan dengan jumlah mata kuliah yang kamu ambil. Bahkan, waktu luang tiap semester tentu saja akan sangat berbeda. Sebagian mahasiswa tingkat akhir akan memiliki lebih banyak waktu luang. Hal ini dikarenakan jumlah teori yang akan diambil juga semakin sedikit. Pastikan bahwa waktu luang itu mencukupi pada saat kamu mengambil keputusan untuk kerja paruh waktu.

  • Lokasi kerja
Baca Juga :  5 Profesi Yang Cocok Jika Anda Orang Yang Introvert (Sensitif)

Pertimbangkan juga lokasi tempat kamu untuk kerja paruh waktu. Sebagian besar dari mahasiswa lebih memilih untuk bekerja paruh waktu yang berdekatan dengan kampus. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses dan mobilitas bila secara mendadak kamu akan ke kampus. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan lokasi yang berdekatan dengan tempat tinggal. Metode seperti ini membuat kamu akan semakin mudah untuk mengejar ketepatan waktu saat akan bekerja paruh waktu. Pastikan juga bahwa akses yang dilalui juga mudah dan tanpa hambatan sama sekali. Semakin depat lokasi kerja paruh waktu dengan tempat tinggal itu akan menghemat biaya transportasi.

  • Gaji

Sebenarnya ini menjadi pilihan bagi kamu untuk bekerja paruh waktu. Nilai gaji yang akan kamu dapatkan tentu saja akan sangat berbeda dibandingkan dengan para pekerja formal. Apalagi perhitungan dari nilai gaji akan dilakukan sesuai dengan jumlah jam atau shift. Ini yang membuat kamu harus memperhitungkan penawaran gaji yang diberikan. Kamu juga harus ingat untuk tidak terlalu memiliki ekspektasi yang tinggi dalam menerima gaji. Cobalah untuk menggunakan mindset bahwa gaji yang kamu terima sebagai bonus dari pengalaman kerja yang kamu miliki. Apalagi pengalaman kerja yang kamu dapatkan seperti ini juga akan menjadi modal utama untuk menjangkau jenjang karir yang lebih baik.

  • Jenis pekerjaan

Kamu memiliki banyak kesempatan untuk menentukan jenis pekerjaan paruh waktu yang diinginkan. Namun, sebaiknya kamu memilih pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan passion hingga kemampuan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses dari mendapatkan pengalaman kerja yang lebih baik. Selain itu, setiap jenis pekerjaan paruh waktu yang kamu pilih juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kondisi seperti ini memang disesuaikan dengan waktu luang yang kamu miliki. Beberapa pilihan dari pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu coba dengan menjadi barista, penulis lepas, desain grafis dan lainnya. Mungkin kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan jurusan.

Baca Juga :  Proses Mengajar Yang Perlu Dihindari Oleh Para Guru

Berbagai tips bekerja paruh waktu sambil kuliah

Kamu memiliki kesempatan yang sangat besar dalam mengembangkan potensi dari pekerjaan yang mungkin akan dilakukan setelah lulus. Biasanya kesiapan mental hingga kemampuan diri bisa dikembangkan dengan sangat baik pada saat bekerja paruh waktu. Hal ini tentu saja akan membuat kamu semakin mudah untuk memaksimalkan peluang yang diberikan. Namun, kamu juga harus ingat bahwa bekerja sambil kuliah akan menguras tenaga dan pikiran. Manajemen waktu yang diterapkan tentu saja memberikan pengaruh sangat besar. Berikut ini ada berbagai tips bekerja paruh waktu sambil kuliah yang terdiir dari:

  1. Memilih jenis kerja yang tidak terlalu sulit

Salah satu tips bekerja paruh waktu sambil kuliah yang paling penting dengan menentukan jenis pekerjaan yang tidak terlalu rumit. Tips ini akan membantu kamu dalam menyelesaikan seluruh tugas dan tanggungjawab. Selain itu, meskipun kamu bekerja paruh waktu tentu saja memiliki target yang harus dipenuhi. Bila kamu mendapatkan pekerjaan yang tidak terlalu sulit dan sesuai dengan minat bakat maka seluruh target juga akan dipenuhi dengan mudah. Pastikan juga bahwa jenis pekerjaan ini bisa kamu lakukan dalam hitungan waktu yang sesuai dengan shift. Semakin mudah kerja paruh waktu yang kamu lakukan maka akan memberikan manfaat yang sangat penting dalam pengembangan skill.

  • Menyesuaikan waktu

Cobalah untuk menyesuaikan waktu  yang kamu miliki dengan pilihan pekerjaan paruh waktu. Metode seperti ini memang akan berubah secara berkala. Apalagi kamu tentu saja tidak akan memiliki waktu luang yang sama setiap semester. Biasanya pilihan pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan waktu luang ini juga sangat fleksibel. Namun, kamu juga harus ingat bahwa untuk mempertimbangkan konsekuensi bila terjadi perubahan waktu luang secara mendadak akibat keperluan dari kampus. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja dan penilaian yang akan diberikan kepada kamu.

  • Menentukan lokasi yang tidak terlalu jauh
Baca Juga :  7 Barang Yang Jangan Diletakkan Di Meja Kerja

Tips lain yang harus dilakukan dengan memilih lokasi yang tidak terlalu jauh. Hal yang paling menguntungkan dengan memilih lokasi yang berdekatan dengan tempat tinggal hingga kampus. Selain itu, lokasi ini juga akan mempengaruhi kamu dalam memaksimalkan efektifitas hingga efisiensi dalam meningkatkan kinerja dalam menyelesaikan seluruh tugas. Bahkan, kamu juga harus memilih lokasi yang sangat dekat untuk menekan biaya transportasi.

  • Membandingkan gaji

Tentu saja ini merupakan tips yang bisa kamu terapkan secara opsional. Kamu harus ingat bahwa penghasilan atau gaji yang kamu terima selama bekerja paruh waktu tidak akan terlalu besar. Namun, kamu juga bisa membandingkan penawaran gaji yang diterima. Hal ini akan didasarkan pada tugas yang kamu lakukan, target hingga seluruh pekerjaan yang dilakukan. Bila gaji yang kamu terima sebanding dengan seluruh tugas dan pekerjaan maka hal itu akan memberikan nilai keuntungan yang sangat baik. Cobalah untuk menerapkan prioritas dari nilai yang pantas untuk kamu dapatkan.

Bagikan

Leave a Reply