Tips Membuat Surat Lamaran Magang Kerja

Apakah kamu sedang ditugaskan sekolah atau kampus untuk magang kerja? Mungkin kamu harus mengetahui tips membuat surat lamaran magang kerja yang telah kami bagikan di bawah ini. Sehingga kamu dapat menuliskan surat magang atau praktek kerja di perusahaan milik orang lain dengan mudah.

Magang adalah praktek kerja di suatu instansi atau perusahaan. Magang biasanya dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa untuk di training mengenai pekerjaan yang ada di suatu perusahaan.

Pemohon magang biasanya akan mengajukan lamaran magang ke perusahaan yang relevan dengan jurusan yang dia ambil.

Sebagai contoh. Seorang mahasiswa komunikasi mungkin akan mengajukan permohonan magang ke perusahaan media.

Untuk bisa magang di sebuah perusahaan. Dibutuhkan beberapa hal. Termasuk membuat surat lamaran magang kerja. Tapi bagaimana cara membuatnya? simak selengkapnya berikut ini

Apa Itu surat lamaran magang kerja?

Surat Lamaran adalah surat permohonan untuk melakukan kegiatan magang di suatu instansi atau perusahaan. Sedangkan surat magang kerja adalah surat permohonan melakukan kegiatan magang kerja.

Adanya magang di suatu perusahaan tujuan menambah pengalaman dunia kerja sebelum terjun secara sepenuhnya di dunia kerja.

Kalau kamu magang, ini kesempatan bagus untuk melatih skill kamu dalam dunia kerja sehingga nantinya menjadi bekal penting saat kamu sudah benar benar menggeluti pekerjaan kamu.

Tips Membuat Surat Permohonan Magang Kerja

Untuk mengajukan permohonan magang kerja. Kamu biasanya harus membuat surat permohonan. Beberapa tips membuat surat lamaran magang kerja berikut ini bisa kamu lakukan untuk membuat surat lamaran kerja magang

1. Perhatikan Pihak yang Dituju

Tips membuat surat lamaran magang kerja pertama dalam membuat surat permohonan lamaran magang kerja adalah perhatikan pihak yang kamu tuju.

Baca Juga :  Pengertian, Jenis, dan Cara Menulis Kutipan

Sebutkan nama pihak instansi atau perusahaan yang ingin kamu tuju lengkap dengan alamatnya.

2. Perhatikan Pembuka Surat

Tips kedua membuat surat permohonan magang kerja adalah perhatikan pembuka surat. Kamu harus mulai pembukaan surat dengan sopan seperti surat lamaran lainya. Tidak perlu berbelit belit namun perhatikan etika.

3. Isi Identitas Diri

Tips ketiga dalam membuat surat permohonan magang kerja adalah dengan mencantumkan identitas diri secara lengkap dan jelas. Meliputi nama kamu lengkap dengan NIM, alamat, nama kampus dan alamat serta jurusan yang kamu ambil.

Ini sangat penting karena umumnya pihak perusahaan bakal pertimbangkan latar belakang pendidikan kamu.

4. Isi Surat

Tips keempat dalam membuat surat permohonan magang adalah perhatikan isi surat. Isi surat yang baik memuat informasi mengenai permohonan magang kerja yang ingin kamu ajukan. Biasanya juga diisi lama waktu magang.

5.  Perhatikan Lampiran-lampiran

Sertakan juga lampiran lampiran atau dokumen sebagai pelengkap persyaratan magang kerja di instansi atau perusahaan tersebut

5. Penutup Surat

Tips selanjutnya dalam membuat surat permohonan magang kerja adalah mengakhiri isi surat dengan penutup. Jadi, kamu harus membuat kata-kata penutup yang sopan dan mengucapkan terimakasih.

6. Bubuhkan Tanda Tangan dan Nama Terang

Tips terakhir adalah sertakan nama lengkap dan tanda tangan kamu. Ini adalah wajib dan sesuai standar penulisan surat resmi. Jadi, kamu ketika membuat surat lamaran magang kerja jangan lupakan hal ini.

Nah itulah beberapa tips membuat surat lamaran magang kerja yang wajib kamu perhatikan. Dengan membuat surat magang kerja yang baik dan benar. Peluang diterima magang di perusahaan yang kamu inginkan terbuka lebar. Sehingga kamu bisa belajar banyak hal disana dan berguna bagi bekal karir kamu kedepan.

Bagikan

Leave a Reply